Loading...
ParentingUncategorized

Membangun Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Pada Anak

Kebiasaan baik dapat kita bangun kepada anak-anak mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Ditambah lagi anak-anak itu cepat sekali belajar. Mereka cenderung meniru gaya orang tuanya. Bila orang tuanya mengajarkan hal-hal baik, InsyaAllah anak juga akan mengikutinya.

Salah satu kebiasaan yang coba saya bangun kepada anak adalah kebiasaan baik sebelum tidur. Dengan harapan anak lebih tenang tidurnya dan juga kelak kebiasaan baik ini juga akan tetap tertanam hingga ia dewasa.

Apa saja kebiasaan baik sebelum tidur yang bisa kita ajarkan?

1. Berwudhu
Bagi anak-anak yang sudah mulai bisa berwudhu, kebiasaan baik satu ini bisa mulai diajarkan kepada mereka sebelum merek tidur. Berwudhu ini bisa membiasakan anak agar tetap bersih sebelum mereka naik ke tempat tidur.
Kebiasaan berwudhu ini berdasarkan hadits Al Baro’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

2. Membaca tiga surat pendek
Menurut hadis riwayat Bukhari no. 5017, Dari ‘Aisyah RA, beliau berkata, “Nabi SAW ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” Hal ini bertujuan untuk menenangkan hati dan pikiran anak sebelum anak tidur. Dibandingkan mendengarkan lantunan musik, kita bisa membiasakan membaca tiga surat pendek ini sebanyak tiga kali sebelum anak kita tidur kemudian mengusapkannya seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah.

3. Membaca ayat kursi

Selain membaca tiga surat pendek tadi, kita bisa mengajarkan anak untuk membaca sebelum tidur. Hal ini bertujuan agar anak kita senantiasa dijaga oleh Allah selama tidurnya, hingga di pagi hari.
“Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi.” (H.R. Bukhari no. 3275)

4. Membaca doa sebelum tidur

“Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).” (H.R. Bukhari no. 6324)
Membaca doa akan tidur merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan saat kita hendak tidur, begitu juga dengan anak-anak kita. Dengan membaca doa tidur kita mengajarkan anak kita untuk senantiasa meminta perlindungan dari Allah dan mengajarkan pada mereka bahwa kehidupan yang kita miliki adalah milik Allah.

Semoga kita dimudahkan oleh Allah istiqamah dalam mengamalkan kebiasaan baik yang diteladankan oleh rasulullaah shalallahu alayhi wasallam ini. Aamiin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply