Loading...
Parenting

Pentingnya Adab Dalam Pendidikan Anak

Therealummi.com – Buku “Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab” karya Dr. Adian Husaini ini memberikan pemaparan yang menarik, yaitu bahwa dalam pendidikan, karakter saja tidak cukup. Mengapa? Karena ketika karakter yang bersifat universal tidak dibarengi dengan adab yang benar, seorang muslim bisa jadi salah menempatkan karakter atau nilai-nilai yang dianggap baik. Sebagai seorang muslim, kita perlu paham bahwa hukum Allah di atas segalanya. Adab dalam buku ini diartikan sebagai menempatkan segala sesuatu sesuai tempatnya berdasarkan hukum Allah SWT. Jadi beradab disini bukan hanya baik atau adil menurut manusia semata.

Membaca buku ini, saya pun mendadak teringat kondisi nyata yang saya pernah hadapi ketika di kelas mengajar mahasiswa salah satu universitas swasta yang ternama di Jakarta. Kasusnya begini, kebanyakan mahasiswa menganggap setia kawan itu baik. Prinsipnya memang benar, setia kawan. Namun ketika karakter yang baik tidak diikuti dengan adab yang benar, alhasil yang dianggap setia kawan adalah yang mau berbagi jawaban ujian atau yang mau memberikan contekan tugas kepada teman yang lain. Sedangkan yang berusaha menjaga kejujuran dan sportivitas, justru dianggap tidak setia kawan. Sounds familiar kah?

Dalam kesempatan yang lain, saya juga merasakan bagaimana jauhnya nilai-nilai sebagian mahasiswa dengan nilai-nilai agama. Tak jarang sesuatu yang berbau religious justru menjadi bahwa tertawaan dalam bercandaan yang mereka lakukan, meskipun saya yakin mereka tidak bermaksud demikian. Saya menangkap bahwa sebagian mahasiswa berpikir seolah yang religious itu tidak kekinian.

Dalam buku ini, menariknya kita disuguhkan teladan-teladan para tokoh. Benang merah yang saya bisa tarik adalah tentang niat besar dan idealisme yang dipegang kokoh dalam diri para tokoh. Mereka tidak melulu memikirkan keuntungan dunia. Tak jarang mereka harus melalui masa-masa sulit demi menggenggam keyakinan, prinsip hidup dan idealisme. Ini yang rasanya mulai hilang di generasi kita. Menuntut ilmu bukan sekedar untuk mencari ijazah, sehingga bukan sekedar nilai yang dikejar.

Betapa masih banyak diantara masyarakat kita yang mengunggulkan sekolahan atau universitas karena ketenaran dan kemegahan materi, namun lupa kepada esensi ilmu itu sendiri. Padahal yang terpenting dalam ilmu adalah proses pendidikannya(belajarnya), bukan sekedar sekolah. Apabila kefahaman tentang ilmu itu benar, dengan sendirinya langkah yang benar adalah mencari guru yang benar, guru yang diberkahi, berintegritas, mumpuni, sehingga melahirkan kecintaan pada ilmu. Kecintaan tersebut akan berlanjut pada akhlak dan adab yang baik (penghormatan) terhadap guru. Inilah pendidikan yang sebenarnya, bukan karena fasilitas yang lengkap dan memadai, tapi karena adab dan ilmu. Dan inilah sebab utama yang akan melahirkan karakter yang kokoh dalam jiwa anak.

Semoga menjadi pengingat bagi kita semua, untuk senantiasa membarengi pendidikan karakter putra putri kita dengan pendidikan adab. Sehingga terlahir dan terjaga para generasi yang memegang teguh niat dan idealisme, juga nilai-nilai agama yang akan turut menciptakan Indonesia yang adil, makmur, beradab, bermatabat (: #iqra’ #momlearner #therealummi

Oleh: @listianaica

Leave a Reply