Loading...
Parenting

Mengapa “Golden Age” Itu Penting?

Dalam rentang kehidupan manusia, masa golden age merupakan masa yang sangat penting. Masa golden age sendiri didefinisikan sebagai periode lima tahun pertama kehidupan. Pada masa tersebut, individu mengalami pertumbuhan dan perubahan yang pesat, baik secara fisik maupun psikologis. Dengan cepatnya pertumbuhan ini, perubahan tidak hanya terjadi dalam penampilan tetapi juga dalam kemampuan. Pembentukan pola perilaku, sikap dan pola ekspresi emosi terjadi pada masa golden age. Menurut Freud dalam teori psikodinamika, penyesuaian diri yang kurang baik di masa dewasa berpangkal pada pengalaman-pengalaman masa kanak-kanak yang kurang baik, sehingga dapat dikatakan bahwa teori tersebut mendukung pernyataan masa golden age itu penting.

Salah satu perkembangan yang perlu diperhatikan pada masa golden age adalah perkembangan kepribadian. Sejak lahir, potensi perkembangan kepribadian telah ada, seperti yang ditekankan oleh Thomas, kepribadian dibentuk oleh tempramen dan lingkungan yang terus menerus saling mempengaruhi, sehingga perlu disadari bahwa tidak ada dua individu yang memiliki fisik maupun sifat mental bawaan yang sama atau memiliki pengalaman lingkungan yang sama. Tidak pernah ada dua individu yang mengembangkan pola-pola kepribadian yang identik, sekalipun pada kembar identik, karena pada dasarnya individu itu unik dan berbeda dengan yang lain. Yang perlu diperhatikan dalam perkembangan kepribadian diantaranya perhatian, kasih sayang, pengaruh lingkungan sekitar, serta cara mendidik anak atau pola asuh.

Permulaan moralitas juga terjadi pada masa golden age, dimana individu secara perlahan akan mempelajari kode moral dari orang tua, keluarga, serta orang-orang di sekitarnya. Individu juga akan belajar pentingnya mengikuti kode-kode moral tersebut supaya diterima oleh lingkungan yang akan membimbingnya berperilaku ketika dewasa nanti. Pengalaman-pengalaman sosial yang dimiliki pada masa golden age berperan penting dalam menentukan hubungan sosial di masa mendatang serta menentukan pola perilaku terhadap orang lain. Sikap sosial atau antisosial sangat bergantung pada pengalaman-pengalaman sosial awal, begitu juga kepribadian ekstrovert atau introvert juga dipengaruhi oleh peletakan dasar-dasar sosial pada masa golden age. Untuk itu ditekankan bahwa orang tua memegang peran penting dalam memberikan pengalaman sosial yang baik kepada anak sehingga anak dapat menjadi pribadi yang peduli dengan lingkungan sosial di masa mendatang.

Jika dilihat dari tugas-tugas perkembangan pada lima tahun pertama kehidupan, perkembangan bicara merupakan tugas perkembangan yang membantu individu dalam berkomunikasi dengan orang lain. Dalam komunikasi, dibutuhkan adanya pemahaman untuk mengutarakan pikiran dan perasaan kepada orang lain, begitu juga sebaliknya, mampu mengerti apa yang diutarakan dan dirasakan orang lain. Selain pemahaman, kemampuan bicara juga perlu dipelajari sejak masa golden age, seperti pengucapan, membangun kosa kata, dan menyusun kalimat.

Beberapa keterampilan umum yang perlu diperhatikan pada masa golden age adalah keterampilan tangan seperti makan sendiri, berpakaian sendiri, bermain, serta pemilihan penggunaan tangan. Sedangkan keterampilan kaki dapat dilihat dari kemampuan berjalan, melompat, merangkak, serta memanjat. Selama masa golden age, orang tua perlu melakukan pendampingan terhadap anak serta memberikan perhatian penuh guna membentuk kepribadian serta kemampuan anak dalam berbagai bidang.

Oleh : Vemita Sinantia, S.Psi

 

 

Leave a Reply