Loading...
Parenting

Mengajak si Kecil Gemar Membaca

Sejak awal, saya dan suami sepakat untuk membiasakan putri kami supaya gemar membaca. Tentu tidak benar-benar membaca, setidaknya mengajak si kecil untuk menyukai buku. Meski teknologi kian berkembang, dan banyak informasi yng bisa diperoleh dari gadget, namun kami meyakini bahwa buku memiliki tempa tersendiri dan tidak dapat tergantikan dengan teknologi digital.

Bahkan ayat pertama yang turun adalah “Iqra!” (bacalah). Seperti yang kita ketahui bahwa kata iqra’ berasal dari kata qara’a yang dapat bermakna membaca, mempelajari, menelaah, atau menyampaikan. Membaca adalah sesuatu yang diridhai Allah. Tentu saja yang dimaksud adalah bacaan yang baik dan bermanfaat.

Berbagai cara kami lakukan untuk mengajak si kecil terbiasa dengan buku. Kami membeli berbagai macam jenis buku, sound book, board book, soft book, pop up book, wipe and clean book dan sebagainya. Sebagai awalan untuk membuat si kecil tertarik dengan buku. Kami juga sering “dengan sengaja” memperlihatkan kepada si kecil ketika kami asyik membaca buku. Kami percaya, memberi contoh adalah cara terbaik untuk mengajak anak-anak gemar membaca.

Menjelang usia 2 tahun, kami mulai menyesuaikan tema buku yang dibeli dengan ketertarikan si kecil. Ketika ia sedang tertarik dengan hewan-hewan, maka kami membelikan buku dengan cerita hewan, fabel, atau buku-buku dengan ilustrasi hewan. Ketika berusia 3 tahun, si kecil semakin betah dengan bacaan yang cukup panjang dan tertarik dengan kisah dan dongeng atau cerita rakyat. Kami juga ikut menyesuaikan menyediakan buku-buku tersebut.

Selain itu, mengajak si kecil ke perpustakaan dan toko buku juga bisa menumbuhkan minatnya terhadap buku. Beberapa kali kami ajak si kecil ke perpustakaan daerah yang luas, nyaman dan ramah anak. Secara rutin juga kami ajak ke toko buku, dan mengajaknya memilih buku sendiri, tentu masih dengan arahan buku mana yang cocok dan sesuai usianya.

Memang bukan proses yang mudah, namun menanamkan kebiasan dan kegemaran membaca ini kami yakini dapat memberi banyak manfaat pada si kecil nantinya. Tidak jarang si kecil lebih tertarik membaca buku, atau “bermain” dengan buku dibanding mainannya. Bisa jadi ia menganggap buku ini juga mainan yang membuat ia senang dan menikmati membaca dan melihat ilustrasi di buku-bukunya.

Berikut beberapa tips memilih buku untuk si kecil:

  1. Pilih buku dengan bahan yang aman untuk si kecil, misalnya board book atau buku bantal (terbuat dari kain). Selain lebih awet karena tidak mudah disobek si kecil, kita juga tidakperlu khawatir dan membatasi si kecil bereksplorasi dengan bukunya.
  2. Pilih buku dengan ukuran kecil dan ringan, untuk memudahkan si kecil memegang dan membawa buku tersebut.
  3. Pilih buku dengan gambar atau ilustrasi sederhana. Untuk bayi <6 bulan, bisa dipilihkan buku high contrast, untuk menstimulasi penglihatannya. Gambar atau ilustrasi sederhana juga dapat membuat si kecil fokus, tidak terganggu dengan detail ilustrasi lain.
  4. Pilih buku dengan teks atau cerita yang sedikit.
  5. Pilih buku dengan halaman sedikit. Rentang konsentrasi dan fokus si kecil masih berkembang, sehingga buku dengan halaman yang banyak justru bisa membuat si kecil tidak fokus.

Yuk, ajak si kecil gemar membaca juga!

 

Ky

 

Sumber referensi:
kisah muslim com: iqra wahyu yang pertama kali turun
https://www.instagram.com/p/BsM2cnKBivohsAE4IJeHDwypeIiCsTbkZLUkRY0/

Leave a Reply