Loading...
Parenting

Aktivitas Seru saat Liburan Bersama si Kecil

Masa liburan sekolah sudah tiba dan menjadi masa yang sangat dinantikan oleh anak-anak kita. Karena ketika liburan sekolah, si kecil bisa mengeksplorasi berbagai hal, di luar sekolah. Masa liburan bisa dimanfaatkan untuk masa penyegaran dan sebagai jeda setelah satu semester si kecil beraktivitas dengan berbagai agenda di sekolah. Oleh karena itu, jangan sampai kita tidak memanfaatkan masa liburan si kecil ini dengan baik. Karena, aktivitas liburan yang efektif dapat membuat si kecil kembali bersemangat ketika memulai sekolahnya kembali.

Aktivitas liburan tidak harus diwijudkan dengan travelling, loh! Kita bisa mengajak si kecil liburan di rumah dengan aktivitas yang seru dan menyenangkan. Bonusnya, aktivitas ini juga dapat memperkuat bonding kita dengan si kecil.

Nah, berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di rumah bersama si kecil.

  1. Membaca buku cerita

Ajak si kecil untuk memilih buku cerita kesukaannya, kemudian kita bacakan atau mintalah si kecil untuk menceritakan kembali cerita tersebut. Membaca buku cerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa si kecil dan menambah kosa

  1. Bermain Peran

Aktivitas ini dapat membantu si kecil mengembangkan daya imajinasinya. Meski hanya di dalam rumah, namun kita dapat menyulap kamar menjadi berbagai setting tempat menyesuaikan ‘skenario’ buatan si kecil.

  1. Membersihkan Rumah

Yuk ajak si kecil membersihkan rumah. Selain dapat membuat si kecil belajar bertanggung jawab, hal ini juga membuat si kecil merasa dibutuhkan oleh orang tuanya. Berikan tugas-tugas yang ringan dan sederhana, misalnya mengelap kaca, membuang sampah ke tempat sampah, merapihkan tempat tidur, dan sebagainya.

  1. Membuat Kreasi

Berkreasi bersama si kecil memang tidak ada habisnya. Kita bisa menentukan tema atau mengikuti ide dari si kecil. Membuat topeng kertas, melukis batu, dan membuat kreasi lainnya. Selain melatih ketelitian, aktivitas ini juga dapat mengasah ketrampilan dan motorik halus si kecil.

  1. Memasak

Aktivitas seru lainnya adalah memasak. Tentu si kecil kita arahkan untuk melakukan bagian yang aman dan sederhana. Misalnya mengaduk telur, mencampur adonan, dan sebagainya.

Tentu aktifitas di atas adalah contoh dari berbagai aktifitas lainnya yang variasinya bisa bunda/ayah lakukan sesuai kultur, situasi dan kondisi. Selain bonding time, arahkan agar semua agenda kita selama liburan bersama si kecil menjadi waktu yang sangat bermakna untuk menumbuhkan kreatifitas maupun karakter, dan menanamkan nilai-nilai sosial seperti empati, peduli, tolong menolong, belas kasih sayang, dan lain-lainnya.

Yuk, ajak si kecil beraktivitas seru saat liburan!

Leave a Reply