Loading...
InspirationParenting

Mengenalkan Al-Qur’an Lewat Kisah

Siapakah di sini yang suka berkisah/mendongeng kepada anaknya? Atau mungkin putra-putrinya akan sangat suka sekali jika mendengarkan kisah/dongeng dari Ayah dan Ibunya. Sekarang ini banyak sekali buku-buku yang memiliki berbagai cerita mulai dari fabel, tokoh-tokoh anak yang menginspirasi, dan lain sebagainya. Tapi tahukah Anda jika cerita terbaik adalah kisah-kisah yang ada di dalam Al-Qur’an? Apakah Anda sering mendongengkan kisah di dalam Al-Qur’an kepada anak-anak Anda?

Di dalam Al-Qur’an sendiri banyak sekali kisah Nabi dan Rasul yang sangat menginspirasi dan pastinya bermanfaat untuk membangun kecintaan anak terhadap Allah, Islam, dan Rasulullah. Metode mendongeng atau bercerita kepada anak dapat membantu anak (terutama di usia balita) memahami kisah di Al-Qur’an dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Terbukti kepada anak kami, ketika diminta baca/menghafal surat kemudian diberitahu bahwa surat ini berkisah tentang suatu peristiwa zaman dahulu, si kecil menjadi sangat terpukau. Akhirnya, putra-putri kita menjadi lebih mudah mengingat baik suratnya, pelajaran dari kisah-kisah tersebut, bahkan ayatnya.

Ayah dan Bunda juga bisa menggunakan berbagai properti untuk dijadikan alat berkisah. Misalnya dengan cara menceritakan seperti puppet show, sehingga anak lebih terbantu untuk berimajinasi. Dengan berkisah, salah satu hal penting dari manfaat yang kita peroleh adalah anak-anak menjadi kuat daya imajinasinya. Imajinasi yang didukung dengan pengetahuan yg baik, kelak akan menjadi kekuatan dahsyat sang anak untuk memecahkan berbagai permasalahan hidup.

Nah, ada beberapa kisah di dalam Al-Qur’an yang bisa dijadikan inspirasi mendongeng bersama anak. Apa saja ya? Berikut kisah-kisah menarik yang bisa Ayah dan Bunda ceritakan untuk si kecil.

  1. Kisah Nabi Muhammad SAW ketika Isra’ Mi’raj
  2. Kisah Pasukan Gajah dan Raja Abrahah dalam surat Al-Fiil
  3. Kisah Fir’aun dan Nabi Musa AS
  4. Kisah Nabi Sulaiman AS dan Burung Hud
  5. Kisah Nabi Yusuf AS dan Saudaranya
  6. Kisah Nabi Ismail AS dan Nabi Ibrahim AS
  7. Kisah Maryam dan Nabi Isa AS
  8. Kisah Dzulkarnain
  9. Kisah Bani Israil
  10. dan kisah-kisah lainnya.

Masih banyak sekali kisah-kisah menarik lainnya yang bisa menambah keimanan anak-anak kepada Allah di dalam Al-Qur’an. Apabila Ayah dan Bunda kesulitan dalam berimajinasi atau mendetailkan kisah, ayah bunda bisa membelikan si kecil koleksi buku-buku anak yang memiliki ilustrasi sesuai Surat/ayat yang diinginkan. Benar, bahwa ilustrasi/gambaran setiap penyedia buku mungkin berbeda-beda. Namun yang paling penting adalah esensi pemaknaan Al-quran yang mudah dipahami si kecil tentang hikmah yang terkandung di dalamnya.

Jadi dari pada menceritakan tokoh fiksi yang tidak ada keberadaannya, lebih baik anak-anak kita didekatkan kepada Al-Qur’an melalui kisah-kisah inspiratif di dalamnya melalui cara yang menyenangkan seperti berkisah/mendongeng.  Selain bisa menambahkan pengetahun tentang Islam, metode berkisah/mendongeng juga bisa meningkatkan keakraban antara anak dan orang tua. Sehingga anak bisa lebih dekat dan sayang kepada orang tua dan agamanya.

Leave a Reply