Loading...
Finance

Perlunya Belajar Keuangan Islam

sumber foto: google

Dalam kehidupan berumah tangga, ada satu hal yang sangat berkaitan erat dengan keseharian setiap kita, yaitu tentang keuangan. Selain karena setiap kita hampir selalu melakukan transaksi keuangan setiap harinya, kurang tepat dalam pengelolaan keuangan keluarga juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah dalam keluarga.

Mengapa perlu bagi kita untuk mempelajari dan memahami prinsip-prinsip keuangan dalam Islam? Karena sebagai seorang ibu dan istri, ada tanggung jawab yang melekat pada kita terkait dengan pengelolaan keuangan keluarga. Sebagai direktur keuangan keluarga yang bertugas untuk mengelola keuangan keluarga, kita perlu paham mana yang halal mana yang tidak, mana yang boleh mana yang tidak. Sehingga kita bisa turut mengikhtiarkan agar keluarga kita senantiasa dalam keberkahan dengan harta yang halal yang thayyib.

Keuangan sesuai kaidah Islam

Pertama, kita perlu paham bahwa keuangan dalam Islam bukan sekedar tentang menghindari institusi keuangan ribawi (meski hal tersebut juga merupakan salah satu yang penting sebagai salah satu ikhtiar untuk menghindari riba), namun jauh lebih luas dari itu adalah perlunya setiap kita memahami tentang mana yang boleh dan mana yang tidak boleh terkait dengan transaksi keuangan. Memahami bahwa setiap pasangan keluarga muslim bertugas untuk memastikan bahwa pemasukan, pengeluaran, penyimpanan, maupun pengembangan keuangan keluarga dikelola sesuai kaidah dalam Islam.

Dan untuk melakukan hal ini butuh ilmu. Untuk itulah saya mengajak ummies semua untuk menyempatkan waktu di sela-sela kesibukan kita untuk belajar tentang keuangan Islam, khususnya terkait hal-hal dasar tentang pengelolaan keuangan Islam yang dapat kita terapkan dalam keluarga kita. Alhamdulillah saat ini sudah ada banyak alternatif cara belajar yang bisa kita lakukan, misalnya dengan gabung di grup atau platform yang membahas tentang muamalah dalam Islam. Pelatihan online yang bisa dijadikan sebagai alternatif diantaranya adalah kelas online Masyarakat Ekonomi Syariah.  Selain itu bisa juga berkunjung ke web konsultan dan praktisi bisnis syariah Erwandi Tarmizi.

Opsi lainnya adalah dengan membaca buku atau artikel di internet. Buku Harta Haram Muamalat Kontemporer juga bisa jadi salah satu alternatif. Atau opsi lainnya adalah dengan ikut seminar atau kajian tentang tema ini. Sejauh yang saya tau, beberapa universitas mengadakan seminar atau kuliah informal dengan tema ini. Misalnya yang pernah saya ikuti adalah Kuliah Informal Ekonomi Islam (KIEI) yang diadakan Prodi Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Indonesia dan Shariah Economics Informal Study (SEIS) yang diadakan oleh Kelompok Studi Ekonomi Islam Universitas Negeri Jakarta.

Semangat Belajar Ummies (:

@listianaica

Leave a Reply