Loading...
Finance

Keluarga dan Perbankan

ThRU family apa kabar? Semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Kali ini mari kita bahas tentang satu lembaga keuangan yang relatif dekat dengan keseharian kita, yaitu perbankan. Siapa diantara kita yang tidak punya rekening di bank? Sebagai muslim/muslimah, coba kita cek ke rekening bank kita masing-masing. Apakah bank yang kita gunakan masuk dalam kategori bank konvensional atau bank syariah?

Beda ya? Iya beda. Apa saja bedanya? Banyak, salah satu yang paling mudah kita kenali adalah adanya bunga di bank konvensional. Padahal berdasarkan fatwa MUI No 1 tahun 2004, bunga bank termasuk riba sehingga hukumnya adalah haram. Sebagai muslim, tentu kita harus menghindari dan meninggalkan hal-hal yang haram. Bukan hanya kita sebagai individu, namun terlebih bagi yang sudah berkeluarga. Tentu kita tidak ingin keluarga kita berinteraksi dengan hal-hal yang haram. Dulu ketika belum ada bank syariah, kita masih diperkenankan menggunakan bank konvensional berdasarkan prinsip darurat. Namun saat ini ketika sudah terdapat sejumlah bank syariah disekitar kita, prinsip tersebut tidak dapat digunakan.

Meskipun secara konseptual berbeda, sebagian orang menganggap keduanya sama saja. Mungkin betul kalau praktiknya, tidak semua yang berlabel syariah sudah berjalan ideal sesuai dengan syariah, termasuk perbankan syariah. Tentu banyak faktor mengapa demikian, salah satunya juga karena sebagian karyawan bank syariah berasal dari jalur konvensional. Tapi terlepas dari hal tersebut, perlu kita sadari bahwa keberadaan bank syariah memberikan peluang bagi kita untuk mendekat ke muamalah sesuai syariah.

Nah selain anggapan bahwa keduanya sama saja, alasan lain yang seringkali membuat muslim/muslimah masih bertahan di bank konvensional adalah karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Mungkin betul jaringan yang dimiliki bank konvensional lebih luas, jumlah atm juga jauh lebih banyak. Namun benarkah berbagai kemudahan duniawi tersebut membuat kita menutup mata akan beratnya dosa riba yang harus kita pikul? Dulu para sahabat segera menjauhi apa yang Allah larang, sekecil apapun ancaman dosanya. Sekarang, sudah berapa kali kita dengar bahwa riba itu ada 73 pintu dosa, yang paling ringan adalah semisal dosa menzinai ibu kandung sendiri? Sudahkah kita tau bahwa pelaku riba diperangi dan dilaknat oleh Allah dan Rasul-Nya?

Kalaupun karena tekad kita untuk beralih dari bank konvensional ke bank syariah menemui sedikit kendala, kalaupun karena menyudahi fasilitas yang ditawarkan bank konvensional membuat kita mengalami sedikit kesulitan, semoga itu menjadi secuil pengorbanan yang mampu menambal kurangnya pahala yang kita miliki untuk menggapai surgaNya.

Jadi ThRU family, semoga menjadi ikhtiar kita bersama untuk menyelamatkan diri dan keluarga kita dari hal-hal yang haram, termasuk haramnya bunga bank. Mari segera berpindah dari bank konvensional ke bank syariah. Dimulai dari diri kita, keluarga kita, dan orang-orang terdekat kita:)

#yukpindahkebanksyariah

@listianaica

Leave a Reply